Feb 2, 2009

Apasich Google Adsense itu...??


Google Adsense, adalah sebuah program menarik yang diberikan Google kepada para webmaster. Lewat program ini kamu bisa nyari duit dan meraup keuntungan dari website yang kamu buat. Gimana cara kerjanya? Pertama kamu kudu punya website. Selanjutnya tinggal mendaftar dan menempatkan iklan google di halaman websitemu. Nantinya kalo pengunjung mengklik iklan tersebut, maka kamu akan mendapatkan uang tergantung iklan yang di klik oleh pengunjung.
Jika pemasang iklan memberi harga mahal untuk tiap kliknya, maka semakin banyak pula uang yang akan kamu peroleh. Iklan yang muncul akan sangat bergantung dengan isi webmu. Jika webmu berisi cara memasak atau perabot dapur, maka kemungkinan besar iklan yang muncul juga tentang perabot dapur.

Pengalaman orang lain

Beberapa waktu terakhir, saya agak penasaran dengan Google Adsense. Makhluk apakah gerangan Google Adsense tersebut ?. Rasa penasaran tersebut muncul ketika pak Prastowo menulis disini tentang server web yang digunakan beberapa mahasiswa untuk memasang Adsense. Saya segera cabut ke situs Adsense. Ternyata kita dapat memperoleh penghasilan dari website milik kita. Syaratnya kita harus memasang iklan yang berasal dari Adsense di website kita. Prosedur pemuatan iklan dari Google Adsense adalah seorang publisher harus mendaftarkan diri terlebih dahulu. Oh iya publisher adalah entitas individu atau bisnis yang websitenya rela untuk ditempati iklan yang berasal dari Adsense.

Isi website publisher harus dalam bahasa yang didukung oleh Google Adsense. Pada saat saya mencoba untuk mengisi form pendaftaran, bahasa Indonesia ternyata sudah masuk dalam kategori bahasa yang sudah disupport oleh Google Adsense. Target iklan dari Google untuk rakyat Indonesia cukup banyak kali ya ? Entahlah yang jelas bahasa Indonesia sudah disupport oleh Google Adsense. Pada proses pengisian form pendaftaran, publisher harus mengisikan data penerima uang dari program ini. Pembayaran jasa publisher dari program Adsense akan dikirimkan ke alamat yang telah kita entrikan. Wah jadi tambah penasaran lagi nih.

Setelah kita menyetujui perjanjian antara kita dan Google langsung saja klik Submit Information. Google Adsense akan mereview situs kita selama kurang lebih 2 hari. Wah kok tambah menarik ya.

Update:

Untuk website berbahasa Indonesia, Google Adsense hanya menyediakan AdSense for Search saja. Untuk AdSense for Content belum nih. Dari hasil googling, ternyata komunitas publisher Indonesia telah membuat forum terkait dengan google adsense disini.




Pengalaman orang lain.

Ini sesuai perkiraan saya ketika penghasilan Google Adsense saya melewati US $100 yang diperoleh dalam waktu sekitar 10 bulan yang berasal dari Google Adsense for Search di maseko.com ini. Waktu yang sangat lama untuk penghasilan sebesar itu yang tetap saya syukuri kehadirannya.

Setelah menerima cek tersebut, baru hari ini, ketika jam istrirahat siang tiba, dengan dikawal dua orang teman saya sebelum makan siang bersama, saya menuju Citibank terdekat, yaitu yang di Jalan Asia Afrika Bandung. Setelah sempat kesasar ke Citibank pada jalan yang sama yang ternyata hanya memberikan jasa ATM dan kartu kredit, akhirnya saya tiba dan menuju petugas bagian jasa perbankan dengan niat untuk mencairkan cek tersebut.

Ketika saya menyampaikan maksud saya tersebut, Mba petugas Citibank tersebut sepertinya sudah mengerti dan langsung memberikan informasi bahwa pencairan cek dapat diproses dalam waktu 35 hari dengan biaya Rp 100 ribu. Mungkin karena sudah sering berhadapan dengan pelaku bisnis Google Adsense dari Bandung. Saya kemudian diminta memberikan KTP dan setelahnya diminta duduk menunggu. Kemudian saya dipanggil lagi dan ditanyai beberapa pertanyaan dan petugas tersebut mencatat pada sebuah formulir. Kemungkinan ini dilakukan karena saya bukan nasabah Citibank. Pertanyaan yang diberikan seperti di mana saya bekerja dan sebagai apa, penghasilan setahun saya, apakah akan rutin melakukan pencairan cek seperti itu, dari mana sumbernya dan nama situsnya, dan mengapa memilih mencairkan di Citibank.

Setelah itu saya diminta menunggu kembali, dan tidak terlalu lama dipanggil lagi dengan diberikan sejumlah dokumen untuk dibawa ke bagian teller. Di teller ini saya diminta membayar collection fee yang besarnya Rp 100 ribu tadi dan menandatangani beberapa lembar dokumen dan juga cek yang tadi saya bawa.

Setelah itu saya meninggalkan Citibank dan makan siang di BeMall. Masalah pencairan cek Google Adsense, mau tidak mau saya menunggu setidaknya 35 hari seperti yang diinformasikan petugas Citibank.

berminat : langsung daftar aja...


0 komentar:

Post a Comment