Nov 1, 2011

Psikologi Masyarakat Petani


Pada mata kuliah ini dibahas seputar "Bagaimana Potret Kehidupan Petani melalui pendekatan psikologi.  Pada awal pembahasan akan dibahas seputar topik yang menyangkut definisi psikologi secara umum, sejarah ilmu psikologi, unsur-unsur,  sifat dan ruang lingkup psikologi. Kemudian pada handout berikutnya dibahas topik tentang bagaimana peran petani, penjelasan mengenai unsur-unsur kehidupan petani dan lainnya.

Psikologi merupakan asal kata  bahasa "Yunani"  yaitu psiche yang mengandung arti "kejiwaan" dan logos yang artinya ilmu pengetahuan. Memahami mata kuliah Psikologi Masyarakat Petani bisa diartikan bagaimana kita memahami karakteristik petani, bagaimana kita memahami kehidupan petani, bagaimana memahami problema apa saja yang dihadapi oleh petani pada umumnya.


Berikut adalah beberapa definisi dari ilmu psikologi dari beberapa ahli :
  1. Dr.Singgih Digagunarsa,  ilmu psikologi adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia.
  2. Plato & aristoteles, menerangkan bahwa ilmu psikologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari hakikat jiwa serta prosesnya sampai akhir.
  3. JB Watson, ilmu psikologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku yang tampak (lahiriah)
  4. Wilhem, ilmu psikologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari pengalaman-pengalaman yang timbul dari dalam diri manusia (penggunaan panca indra termasuk di dalamnya pikiran, perasaan dan kehendak)
  5. Marquis,  ilmu psikologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajariaktivitas individu sejak masih dalam kandungan sampai meninggal dunia dan hubungannya dengan alam sekitar

Selengkapnya dapat di download pada materi berikut :
Handout 1

Handout 2

Handout 3

cara download dari server indowebster kalo bingung cari di google...atau manfaatkan tools search di blog ini.

0 komentar:

Post a Comment