May 24, 2014

Asistensi Praktikum Mk. Psikologi Masyarakat Petani


A. PENDAHULUAN
Praktikum mata kuliah Psikologi Masyarakat Petani merupakan salah satu syarat untuk dapat untuk dapat lulus pada mata kuliah bersangkutan, karena itu setiap mahasiswa yang mengambil mata kuliah tersebut wajib melaksanakan praktikum mulai dari kegiatan Observasi, wawancara sampai pada pembuatan laporan, dan poster. Hasil laporan praktikum selanjutnya disampaikan kepada koordinator mata kuliah dan laporan itu dianggap memenuhi syarat apabila telah disetujui dan ditandatangani oleh koordinator asisten praktikum mata kuliah bersangkutan.

Dengan adanya panduan praktikum ini diharapkan mahasiswa dapat mengaplikasikan ilmu pengetahuan berupa teori yang di dapatkan selama proses perkuliahan dengan fenomena yang ditemukan langsung selama proses servei dan observasi di tengah-tengah masyarakat petani.

B. TUJUAN PRAKTIKUM
  1. Untuk memperkenalkan para mahasiswa pada berbagai jenis identifikasi petani di wilayah pedesaan yang telah ditetapkan
  2. Untuk mengenal secara langsung “prilaku petani & hubungan kerjasamanya” serta permasalahan-permasalahan yang dihadapi petani pedesaan.

C. PELAKSANAAN PRAKTIKUM

Praktikum mata kuliah Psikologi Masyarakat Petani dilaksanakan oleh setiap mahasiswa yang mengambil mata kuliah bersangkutan secara individu ataupun kelompok. Waktu pelaksanaan praktikum dilaksanakan saat minggu tenang berlangsung. Sistem pelaksanaan praktikum sebagai berikut :

  1. Mahasiswa melakukan survei dan observasi ke desa-desa yang telah ditetapkan sesuai kesepakatan bersama, dan melakukan wawancara dengan tujuan Melakukan Pemetaan Sosial Masyarakat Petani/Nelayan & Peternak di desa tersebut.
  2. Mahasiswa melakukan survey dan observasi secara berkelompok yang masing-masing kelompok terdiri maksimal 10 orang. Mahasiswa bebas menentukan kelompok disesuaikan dengan jarak terdekat dari tempat tinggalnya, kemudian melakukan registrasi kelompok anggotanya pada website : http://harry-coretan.blogspot.com pada kolom commets di posting yang berjudul Praktikum sosiologi pedesaan. Bagi mahasiswa yang tdk melakukan registrasi maka tidak akan dinilai.
  3. Registrasi terakhir kamis, 22 mei 2014 dan setelah registrasi masing-masing ketua kelompok pada hari jum'at 23 mei 2014 dapat menghadap ke koordinator praktikum untuk mengambil dana transport.
  4. Mahasiswa mengidentifikasi keadaan desa dan kondisi warga yang berprofesi sebagai petani kemudian dibuat dalam bentuk laporan secara tertulis dan poster

D. LOKASI PRAKTIKUM

Lokasi praktikum mata kuliah Psikologi Masyarakat Petani pada setiap kelompok lokasi berbeda-beda, lokasi bebas ditentukan oleh ketua kelompok sesuai kesepakatan dari anggota kelompok. Rekomendasi lokasi adalah wilayah tempat tinggal mahasiswa/orangtua mahasiswa.

Wacana lokasi seperti : Kelompok Wilayah Lempake, Kelompok Wilayah Makroman, Kelompok Wilayah Bayur, Kelompok Wilayah Tanah Datar dan Kelompok Wilayah Sei.Siring dan seterusnya Silahkan pilih kelompok mana yang anda inginkan (pilih daerah terdekat, tempat tinggal keluarga dsb), perjalanan menuju lokasi diwajibkan untuk berhati-hati karena tidak ada asuransi. Dan keselamatan merupakan tanggung jawab pribadi masing-masing.

Silahkan registrasikan kelompok anda di kolom komentar di bawah posting ini dengan format :
Kelompok wilayah ...................................
Ketua kelompok .......................... HP.......................
Anggota :
1........................................
2........................................
3........................................

tujuan diregistrasi di webblog ini adalah =
  1. agar pengaturan kelompok dapat teratur secara sistematis
  2. dapat diketahui apabila telah terdapat kelompok wilayah yang anda minati maka mahasiswa wajib mencari kelompok lain untuk menghindari double kelompok yang sama.
  3. apabila terdapat kelompok yang kurang anggotanya maka dapat menginput sendiri di kolom komentar ini mau masuk ke kelompok yang mana
  4. dapat di akses dimanapun mahasiswa berada selama ada koneksi internet

3 comments:

  1. Kelompok Wilayah Bangun Rejo (Kukar L3).
    ketua Kelompok : Nababan, Adven HP. 082250445063
    Anggota :
    1. Charles Mikael
    2. Charles
    3. Feblias Yafet
    4. Abidin
    5. Murni Hapsari
    6. Yuliana Rahmadini
    7. Pajri Sandri
    8. Bayu Kurniawan
    9. Januin

    ReplyDelete
  2. Kelompok wilayah: Desa Karang Tunggal (L2 Kukar)
    Ketua: Ramadhan Sakti N.
    No. Hp: 085250745039
    Anggota:
    1. Muhammad Rizki
    2. Tri Wahyudi
    3. Siti munawaroh
    4. Arina Pramudita
    5. Dedi Saputra
    6. Maulana Yudistira
    7. Adi Farmasi
    8. Muhammad Mukhlis
    9. Vian Apri Susanto

    ReplyDelete
  3. Kelompok wilayah : Kelurahan Bukit Biru (Tenggarong)
    Ketua : Rohmanto
    No.Hp : 085719037738
    Anggota :
    1. Hidayatul auwalia
    2. Erica fatmita.r
    3. Wijayanti
    4. Aminullah
    5. Jefri andrianur
    6. Hadi wiratno
    7. Robby arisusanto
    8. Muhammad ahlam
    9. Dominikus ade putra

    ReplyDelete