Dec 20, 2013

TUGAS HOMEWORK MANAJEMEN AGRIBISNIS


Tugas ini merupakan salah satu indikator penilaian dosen sekaligus melatih mahasiswa untuk menulis Tugas Akhir (Skripsi). Mahasiswa dipersilahkan untuk memilih lokasi penelitian dan komoditi secara mandiri yang dinilai tidak terlalu jauh dari tempat tinggal. Dalam pencarian  referensi, karena ini hanya merupakan "latihan" mahasiswa diperkenankan untuk melihat contoh-contoh skripsi yang ada di perpustakaan jurusan agribisnis. untuk memperoleh gambaran umum lokasi penelitian, mahasiswa tidak diwajibkan untuk mencari data langsung ke lokasi penelitian, namun cukup melihat melalui website BPS yang ada, atau diperkenankan pula melihat bahkan menyadur isi dari skripsi yang ada dengan syarat data yang disediakan berada dalam periode di atas tahun 2010

Tugas kali ini adalah membuat makalah dengan judul "ANALISIS PEMASARAN ......................... (Di Isi nama komoditi) DI DESA ................... (Tempat pencarian data) KECAMATAN .................. KABUPATEN .............................

 Format Penulisan Tugas :
















Untuk dapat memperoleh gambaran lebih jelas dari format penulisan di atas bisa melihat skripsi yang telah tersedia di Perpustakaan Jurusan.
- Khusus untuk perumusan masalah :
1. Bagaimana saluran pemasaran ............ di Desa ........... Kecamatan ........... Kabupaten.........?
2. Berapa besar margin, share dan profit dari usahatani ............ desa ......... kec ....... kab ......?

Khusus untuk point 3.3. Pengambilan Sampel mengambil teorinya Kartono (1989), jika populasi sebanyak 10 - 100 responden, sebaiknya diambil 100 % atau menggunakan apa yang dinamakan dengan metode sensus. Metode pengambilan sampel dalam latihan penelitian ini yang ditingkat petani dilakukan secara sensus karena jumlah petani yang melakukan usahatani ................... di desa ...... kec ......... adalah 15 orang.
 
Kawasan yang diteliti meliputi daerah yang tidak terlalu jauh dari Kota Samarinda, mengingat waktu penyusunan yang pendek. daerah rekomendasi :
1. Sepaja/bayur.
2. Perjuangan
3. Mugirejo
4. Lempake
5. Sambutan
6. dll

mengingat cakupan tugas/ beban tugas, maka diharapkan "KERJASAMA KELOMPOK" yang solid disertai dengan ke kekompakan antar anggota kelompok dapat menjadi kunci dalam percepatan penyelesaian tugas ini. perlu di ingat bahwa mahasiswa secara narasi / kata-kata diperkenankan mengikuti isi skripsi yang ada, namun secara "isi data" tidak boleh sama tapi di sesuaikan dengan data yang diperoleh di lapangan.

langkah awal yang perlu dilakukan adalah :
1. Pencarian data primer dengan menggunakan kuesioner.
2. Tabulasi data.
Jenis Kuesioner pada judul tugas ini secara garis besar ada 3 yaitu :
1. Kuesioner untuk petani (10 responden)
2. Kuesioner untuk pedagang pengumpul (2 responden)
3. Kuesioner untuk pedagang pengecer (3 responden)

contoh kuesioner di atas usahatani jagung...tinggal kalian ganti
Setelah lengkap data primer di peroleh, maka diperlukan pengolahan data primer untuk dilampirkan ke dalam lampiran laporan. Agar lebih mudah mahasiswa terlebih dahulu mencari data sesuai dengan isian di kuesioner, Mengolah datanya silahkan lihat panduan milik Kk tingkat kalian an. SRI HARYANTI berikut : (Jgan sama..ya....)

Contoh Bab HASIL & PEMBAHASAN
download Contoh LAMPIRAN TABEL dari PEMBAHASAN hasil dari quesioner
Conoth PANDUAN PERHITUNGAN ISI DARI HASIL & PEMBAHASAN


Inventarisir data komoditi kelompok :
Kelompok 1 Komoditi pepaya wilayah.........?
Kelompok 2 Komoditi cabai wilayah ...........?
Kelompok 3 Komoditi ...............wilayah ...........??
Kelompok 4 Komoditi ..............wilayah ...........??
Kelompok 5 komoditi jagung wilayah ...........??
Kelompok 6 komoditi sayur kangkung wilayah .....?
Kelompok 7 komoditi ...........wilayah ...........?

kelompok yg belum lengkap komoditi & wilayahnya bisa mengisi di kolom komentar di bawah ini.


0 komentar:

Post a Comment