Dec 19, 2013

Manajemen Agribisnis (HandOut digital e-book)

Manajemen Agribisnis merupaka salah satu  bidang ilmu prasyarat yang harus diambil oleh mahasiswa yang telah mengambil mata kuliah dasar-dasar agribisnis di jurusan agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman. Agribisnis pada hakikatnya semua mengnyangkut suatu aktivitas dalam bidang pertanian.
Menurut Ikhsan Semaoen (1996)
  • Agribisnis adalah suatu kegiatan usaha yang berkaitan dengan sector agribisnis mencakup perusahaan yang pemasok input agribisnis dan jasa pengangkutan,jasa keuangan .
  • Agribisnis adalah sifat dari usaha yang yang berkaitan dengan agro-based industries yang berorientasi pada bisnis ,yaitu yang bertujuan memperoleh keuntungan.
Menurut Subiakto Tjakrawerdaya (1996)
  • Agribisnis secara umum mengandung pengertian sebagai keseluruhan operasi yang terkait dengan usaha untuk menghasilkan uasaha tani,untuk pengolahan dan pemasaran.
  • Dari pengertin diatas dapat disimpulkan bahwa agribisnis meliputi seluruh sector bahan masukan usaha tani yang terlibat dalam bidang produksi dan pada akhirnya menangani proses penyebaran,penjualan baik secara borongan maupun penjualan eceran produk kepada konsumen akhir.
berikut disediakan handout sederhana dalam bentuk digital e-book yang dapat didownload oleh mahasiswa sebagai bahan quis dan ujian serta dapat dijadikan referensi dalam mengerjakan laporan tugas/praktikum.
sengaja diberikan dalam bentuk digital e-book yang tidak bisa di cetak/printout, agar mahasiswa mempelajari (dan mencatatnya bagi yg tidak memiliki komp/laptop) karena dikhawatirkan apabila diberikan handout dlm bentuk printout dijadikan bahan untuk mencontek saat ujian.

klik disini untuk mendownload bahan Manajemen Agribisnis

0 komentar:

Post a Comment