May 23, 2014

Materi & Tugas Dasar Komunikasi


Berikut adalah merupakan materi dasar-dasar komunikasi pertanian/peternakan, rencana quis jum'at 23 mei 2014 ditunda, dan dilaksanakan pada tanggal 30 mei 2014. untuk hari jum'at 23 mei 2014 diganti dengan tugas berupa home work yang dikumpul sebelum Ujian Akhir Semester dimulai.

materi dasar komunikasi download disini

Tugas Jum'at 23 mei 2014 :
Jawablah pertanyaan di bawah ini !

  1. Profesi anda adalah seorang penyuluh pertanian/peternakan. Pada suatu hari anda ditugaskan untuk melakukan penyuluhan di daerah terpencil yang masih kental dengan adat istiadat, teknologi dalam mengolah lahan dan memelihara ternak masih sangat sederhana dan jumlahnyapun hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Berkaitan dengan hal tersebut, strategi apa sajakah yang anda lakukan untuk meningkatkan tingkat kesejahteraan masyarakat setempat !
  2. Fenomena yang terdapat dilapangan sampai saat ini adalah ketika seorang penyuluh terjun ketengah masyarakat justru mendapat respon yang negatif, misalnya pada suatu kasus seorang penyuluh di tempatkan pada daerah pedalaman jauh dari perkotaan, namun sangat disayangkan ternyata saat dichek ke lapangan penyuluh tersebut tidak terdapat dilapangan. dan menurut warga penyuluh tersebut sering tidak berada ditempat tugas, dan penyuluh tersebut baru ada ditempat ketika tanggal muda dengan keperluan hanya untuk mengambil gaji bulanan. Ketika ditanya tentang kinerja, masyarakat menjelaskan bahwa harusnya penyuluh memberikan motivasi, penerangan penjelasan terhadap hal-hal yang dihadapi oleh petani/peternak. Namun fenomena yang ada justru penyuluh di desa setempat disuluh oleh masyarakat karena penyuluh tersebut hanya dibekali oleh teori sedangkan masyarakat telah dapat menerapkan aplikasi bedasarkan pengalaman generasi sebelumnya. Apa pendapat anda akan hal tersebut ? dan bagaimana anda mengubah "image" yang telah berkembang tentang seorang "penyuluh" (mohon maaf bagi pembaca blog, karena ini adalah sekedar ilustrasi untuk tugas mahasiswa, dan tidak semua penyuluh sifatnya seperti kasus di atas).
Kerjakan tugas tersebut dalam bentuk small paper yang diketik pada kertas A4 jenis huruf maindra besar huruf 11, spasi 1,5, minimal 3 lembar. dikumpul saat Ujian Semester Akhir. terima kasih.

0 komentar:

Post a Comment