May 21, 2014

Materi & Tugas Dasar Agribisnis 21 - 05 2014


Berikut ini adalah salah satu materi yang terdapat dalam mata kuliah dasar-dasar agribisnis yang meliputi pemasaran, pasar dan struktur pasar, dan ditambahkan pula materi tentang seputar bentuk-bentuk kemitraan dalam agribisnis. hari Rabu 28 - 05 - 2014 akan dijelaskan materi tersebut kemudian dilanjutkan dengan tes berupa quiz, diharapkan mahasiswa belajar untuk peningkatan prestasinya. 

Selain materi, untuk hari ini diberikan tugas menjawab dua pertanyaan yang dikerjakan dalam bentuk small paper, diketik dengan menggunakan font maindra 11 dan kemudian dikumpul pada ketua tingkat masing-masing.

Materi dapat di download di sini

Tugas mata kuliah dasar-dasar agribisnis minggu ini adalah menjawab pertanyaan yang tersedia di blog ini :
Kemukakan pendapat kalian pada kasus berikut :

  1. Di kecamatan Samboja terdapat tanaman "buah naga" yang baru-baru ini adalah salah satu produk pertanian andalan bagi penduduk setempat, produk buah naga telah dapat meningkatkan taraf kesejahteraan petani di wilayah tersebut. Namun permasalahan muncul ketika masa panen buah naga yang waktunya terkadang bersamaan sehingga hal ini berdampak pada berlimpahnya buah naga di kawasan tersebut yang kemudian ber efek terhadap rendahnya harga buah naga di pasaran. Seandainya kalian adalah petani buah naga, strategi apakah yang kalian lakukan untuk meminimalisir penurunan harga tersebut, sehingga harga tetap stabil bahkan dapat meningkat di atas harga pasar?
  2. Apabila kalian memperoleh modal Rp. 15.000.000,- usaha apa yang dapat dilakukan [dalam bidang agribisnis] uraikan secara rinci penggunaan dari dana tersebut & berapa estimasi keuntungan yang diperoleh disertai penjelasan bagaimana strategi yang dilakukan agar produk yang kalian miliki bayak diminati dan dibeli oleh masyarakat
Selamat Mengerjakan.

0 komentar:

Post a Comment