Nov 15, 2013

Pemberdayaan Masyarakat



Pemberdayaan masyarakat dapat diartikan sebagai suatu upaya untuk memulihkan atau meningkatkan keberdayaan suatu komunitas agar mampu berbuat sesuai dengan harkat dan martabat mereka dalam melaksanakan hak – hak dan tanggung jawab mereka sebagai komunitas manusia dan warga negara. Tujuan akhir pemberdayaan masyarakat adalah pulihnya nilai – nilai manusia sesuai harkat dan martabatnya sebagai pribadi yang unik, merdeka dan mandiri.


 (1) unik dalam konteks kemajemukan manusia;(2)merdeka dari segala belenggu internal maupun eksternal termasuk belenggu keduniawian dan kemiskinan (3) mandiri untuk mampu menjadi programer bagi dirinya dan bertangung jawab terhadap diri sendiri dan sesama.

Manusia yang berdaya adalah manusia yang mampu menjalankan harkat martabatnya sebagai manusia, merdeka dalam bertindak sebagai manusia dengan didasari akal sehat serta hati nurani. Artinya manusia tidak harus terbelenggu oleh lingkungan, akan tetapi semata – mata menjadikan nilai – nilai luhur kemanusiaan sebagai kontrol terhadap sikap perilakunya. Manusia dikaruniai hati nurani, sehingga mempunyai sifat - sifat baik dalam dirinya sesuai dengan fitrahnya.

Wujud dari keberdayaan sejati adalah kepedulian, kejujuran, bertindak adil, tidak mementingkan diri sendiri dan sifat – sifat baik lainnya. Manusia - manusia berdaya tidak akan merusak dan merugikan orang lain tetapi
memberikan cinta kasih yang ada dalam dirinya kepada orang lain dengan tulus sehingga hidupnya bermakna bagi dirinya dan memberikan manfaat bagi lingkungan. Terciptanya komunitas yang berdaya seperti inilah yang akan bisa menanggulangi kemiskinan yang diakibatkan oleh lunturnya nila-nilai kemanusiaan. Pemberdayaan komunitas, dipengaruhi oleh tauladan – tauladan dari tindakan (perilaku) pemimpinnya. 

Karakter pemimpin yang mencerminkansifat – sifat kebaikan akan mempercepat proses perubahan di masyarakat. Pemimpin – pemimpin seperti ini akan menjamin warganya untuk mendapatkan keadilan, tidak mementingkan diri sendiri tetapi bekerja untuk sesama, semata – mata sebagai wujud dari tanggung jawabnya sebagai manusia. Sebagai langkah awal proses penyadaran kritis untuk pemberdayaan komunitas di atas, dilakukan melalui pengorganisasian masyarakat supaya masyarakat sadar akan kondisi dan potensinya dan pada akhirnya dapat maju bersama sehingga tercipta masyarakat berorganisasi dengan landasan nilai – nilai kemanusiaan.

berikut adalah Hnad Out Mata Kuliah Pemberdayaan Masyarakat. Download Disini

setelah di download cara menjalankannya :
  1. Handout di buat dalam bentu flash.
  2. Bagi komputer yg tidak bisa menjalankan/membuka artinya komputer anda tidak di install flash. diinstall dulu yaa
  3. Bagi yg bisa membuka dengan meng klik 2 kali hasil download akan terbuka gambar seperti ini
Klik aja tanda "play" apabila mau melihat secara otomatis, kalo mau dibuka manual klik di sebelahnya play.






1 comment:

  1. informasi yang sangat bermanfaat..

    http://primakatalisindo.com/diklat-dan-bimtek-koperasi-ukm

    ReplyDelete